Senin, 17 Desember 2012

Ikan Dewa di Kolam Cigugur

IkanDewa.com - Kolam Cigugur dipandang bukan sebagai kolam sembarangan. Kolam ini bukan sebatas tempat rekreasi yang diminati banyak warga sekitar, namun juga memiliki cerita mistis dibaliknya. Disebutkan pada zaman dahulu, bahwa kolam ini dipercaya sebagai tempat bertapanya Ki Gede Padara, seseorang yang sangat sakti mandraguna. Konon, salah satu kesaktiannya yakni organ tubuhnya yang bisa terlihat dari luar.

Anda ingin rekreasi sekalian terapi? Jika iya, maka Anda mesti datang ke Kolam Cibubur karena disini kaki Anda akan dikerubungi oleh ribuan Ikan Nilem ketika dicelupkan ke dalam kolam. Boleh percaya atau tidak, Ikan Nilem disini dipercaya bisa melakukan terapi pada kulit karena kulit-kulit mati dan kering Anda akan digigitnya dan kemudian terkelupas dengan sendirinya.

Ikan Dewa

Pada awalnya Kolam Cigugur bernama Kolam Ikan Keramat karena menampung Ikan Dewa atau ikan Kancra Bodas (ikan Mas Putih). Ikan ini dibilang keramat karena populasinya terbatas dan sulit dibudidayakan. Agar tidak punah, ikan pun dikeramatkan. Menurut legenda, Ikan Dewa tidak boleh dipindah atau dibawa sembarangan karena bisa berakibat buruk bagi yang mengambil. Konon, Kolam Cigugur terbentuk karena Sunan Gunung Jati menancapkan tongkatnya ke tanah di desa itu saat mencari air untuk wudlu. Sumber mata air itu masih ada di kolam terkecil dari tiga kolam yang ada.

Ketika liburan menjelang biasanya pengunjung Kolam Cigugur bisa mencapai 500 orang. Sebetulnya tidak ada promosi khusus hanya cerita dari mulut ke mulut. Mungkin karena pengunjung merasa sensasi gigitan ikan nilam asyik dan berkesan lalu menceritakannya kepada orang lain sehingga berdatanganlah pengunjung dari berbagai daerah karena penasaran ingin merasakan juga.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terimakasih infonya. Jangan lupa kunjungi kami http://bit.ly/2MK7uo7

Posting Komentar