Sabtu, 17 November 2012

Mancing Wisata Bahari Cup 2012

IkanDewa.com - Untuk mempromosikan Wisata Bahari PPN Pekalongan bekerjasama dengan Paguyuban Mancing Mania Bahari Cup tahun 2012, telah mengadakan lomba mancing yang diadakan pada hari minggu tanggal 4 Oktober 2012 dengan diikuti oleh 300 orang peserta.
Dalam acara tersebut dibuka oleh Wakil Walikota Pekalongan H.Alex Arsalan Junaidi SE dalam sambutannya menyambut gembira acara lomba mancing ini bisa untuk menyalurkan hobi, melatih kesabaran, yang utama para peserta bisa lebih dekat mengenal Wisata Bahari yang telah tersedia sarana Akuarium, Ruang IPTEK, tempat bermain untuk anak-anak beliau mengharapkan kegiatan ini bisa diagendakan setiaptahunnya,  hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kota Pekalongan, DanDim 0710, Kasi Pengembangan PPN Pekalongan , Kepala Sub Bagian Tata Usaha PPN Pekalongan dan Ketua Panitia H.FredyWidjaya.
 
Spesies Ikan Perairan Masih Bagus
Spesies ikan di perairan ikan Pekalongan dinilai masih bagus, bahkan untuk jenis ikan tertentu yang sering tertangkap warga menggunakan alat pancing, beratnyamencapai 6-10 kg per ekor. “Potensi perikanan disekitar sini masih bagus, sering tertangkap warga menggunakan pancing dengan berat mencapai 6-10 kg per ekor”. Hal itu kemarin dikatakan Kasi Pengembangan PPN Pekalongan Akmala Dwi Nugraha S.Pi, M.Si disela-sela kegiatan Lomba Mancing Waisata Bahari Cup tahun 2012.
Untuk melakukan promosi lokasi Wisata Bahari PPN Pekalongan sekaligus sebagai sarana mendongkrak pendapatan bukan pajak. Pihaknya menggelar lomba memancing bekerjasama dengan paguyuban Mancing Mania, agar masyarakat luas mengetahui secara langsung salah satu potensi Wisata Bahari di Kota Pekalongan.
Disisi lain juga memberikan edukasi kepada masyarakat terkait sumberdaya ikan dan bahari yang ada di Kota  Pekalongan. Termasuk pembelajaran mengenai salah satu alat tangkap ikan berupa pancing lomba ini diikuti 300 peserta tandasnya.
Menurutnya, pancing merupakan alat tangkap ikan paling selektif. Kail ukuran mata pancing digunakan berdasarkan besarkecil ikan yang diharapkan untuk ditangkap. Sehingga kalau tidak selektif, maka tak akan memperoleh hasil sesuaikeinginan.
Kriteria dari lomba ini adalah berdasarkan nilai ekonomis dan berat ikan, semakin memiliki nilai ekonomis tinggi dan beratnya menentukan harga ikan, itu yang akan menjadi pemenang. Sehingga dapat diketahui masyarakat potensi spesiesikan di Pekalongan masih bagus, tandas Akmala.
Dengan mengetahui seperti itu, target promosi Wisata Bahari dan edukasi terkait spesies ikan di perairan Pekalongan dapat tercapai, serta pendapatan Negara bukan pajak melalui obyek Wiasata Bahari dapat terdongkrak.
 
Hasil Pemenang lomba sebagai berikut :
Hadiah Utama sebuah Honda Revo dan Piala Bergilir Wisata Bahari Cup Rohidin. jenis ikan Kakap, berat 1,80 kg.
Jenis Ikan Bersisik :
Juara I Yudi N.Prasetyo ,Jenis ikan Kakap/pelak, berat 1,74kg hadiah lemari Es dan uang pembinaan
Juara II Safii, jenis ikan Kakap/pelak, berat 0,99 kg hadian TV 21” dan uang pembinaan.
Juara III Herman, jenis ikan kakap/pelak, berat 0,74kg hadiah TV 14” dan uang pembinaan.
Jenis Ikan Tidak bersisik:
Juara I Alex, jenis ikan sembilang, berat 0,79 kg hadiah TV 17”
Juara II Ahmad Zaky, jenis ikan sembilang, berat 0,76 kg hadiah DVD
Juara III Darso, jenis ikan sembilang, berat0, 43kg  (Humas PPN Pekalongan) 
 
Sumber : kkp  

0 komentar:

Posting Komentar